Wednesday, March 14, 2012

Proposal Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia



1.        Pendahuluan
Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa di dunia yang dianggap memiliki nilai budaya luhur. Salah satu bentuk keluhuran itu adalah bahasa. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat diminati oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Tulisan dalam www.dikti.go.id menyatakan bahwa selama 88 tahun, bahasa Indonesia telah dipelajari oleh bangsa Jepang, yakni di Tokyo University of Foreign Studies (Tokyo Gaikugo Daigaku).
Selain itu, bahasa Indonesia -masih dari sumber yang sama- telah dipelajari oleh 75 negara. Negara itu antara lain Jepang, Amerika, Australia, Kanada, Vietnam, dan Timor-Timor. Dalam www.kompas.com Jumat, 12 Juni 2009 dinyatakan bahwa pada bulan Desember 2007 Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh, Vietnam, secara resmi mengumumkan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh. Ditambah lagi dengan pernyataan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat pada akhir 2010 yang mengusulkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi ASEAN selain bahasa Inggris.
Fakta di atas menunjukkan bahwa begitu besar minat bangsa lain untuk mempelajari bahasa Indonesia. Minat ini dapat menguatkan posisi Indonesia di mata internasional. Namun demikian, ada hal mendasar yang harus diperhatikan oleh bangsa Indonesia sebagai pemiliknya. Pusat bahasa Kemendikbud RI melaporkan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk belajar mahir berbahasa Indonesia kalah jauh dibandingkan keinginan masyarakat untuk mahir berbahasa asing. Demikian pula dengan sikap positif masyarakat Indonesia terhadap bahasa Indonesia yang berada di peringkat ketiga, tertinggal dibanding bahasa asing dan bahasa daerah. Sejumlah survei pendidikan menyebutkan bahwa nilai yang diraih para pelajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia tidak selalu mendekati sempurna, sedangkan nilai pada mata pelajaran bahasa Inggris lebih tinggi.
Selama ini, bahasa Indonesia masih kalah menarik bila dibandingkan dengan bahasa Inggris maupun bahasa Arab. Mahir berbahasa Inggris atau berbahasa Arab mendatangkan kebanggaan daripada mahir berbahasa Indonesia. Hal ini tentu saja ikut menghilangkan karakter bangsa Indonesia. Kemahiran berbahasa Indonesia dianggap sesuatu yang lumrah, umum, dan tidak prestatif. Oleh karena itu, seharusnya masyarakat Indonesia memiliki kualifikasi mahir berbahasa Indonesia, seperti juga bahasa Inggris.
Kebanggaan terhadap bahasa Indonesia secara otomatis akan menciptakan filter terhadap ancaman reduksi bahasa Indonesia menjadi bahasa prokem yang semakin memperlebar jurang pemisah antara bahasa Indonesia yang “formal” dan yang “tidak formal”. Rakyat dan birokrat, pejabat dan pengusaha, pengajar dan pelajar, wajib memupuk kebanggaan terhadap bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan cara menguasainya secara baik dan benar.
Berdasarkan fakta-fakta di atas sangat diperlukan pelestarian dan pengembangan pengajaran bahasa Indonesia. Dalam hal ini perlu dibuka program studi baru, yaitu tadris bahasa dan sastra Indonesia di Cirebon, khususnya IAIN Syekh Nurjati. Meskipun secara regional di wilayah Jawa Barat, beberapa perguruan tinggi memiliki program studi tersebut, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga memilikinya.
Perguruan tinggi di Jawa Barat, baik negeri maupun swasta yang memiliki program studi ini antara lain: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran Bandung, Universitas Majalengka, dan Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon. Berdasarkan data tersebut, hanya UPI sebagai perguruan tinggi yang memiliki program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk IAIN Syekh Nurjati Cirebon, sebagai perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Agama, juga memiliki program studi tersebut.
Program studi tadris bahasa dan sastra Indonesia memiliki visi menjadi program studi yang unggul berbasis teknologi informasi dengan tetap mempertahankan karakter bangsa Indonesia. Adapun misinya adalah sebagai berikut.
a.    Menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara dan wujud budaya yang memiliki nilai-nilai luhur.
b.    Mengembangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.
c.     Menyelenggarakan pembelajaran efektif untuk menghasilkan lulusan yang mahir dan kompeten dengan mengedepankan iman dan takwa serta kepribadian bangsa.
d.    Melaksanakan penelitian yang berfokus pada pengembangan kebahasaan dan inovasi dalam pengajaran bahasa Indonesia.
e.    Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam pemberian informasi dan pengetahuan berbahasa Indonesia.

2.        Kurikulum
Berdasarkan visi dan misi di atas, maka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mengusulkan untuk dibukanya program studi baru, yaitu Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia. Berikut ini rincian berdasarkan kurikulum yang diusulkan.
a.       Beban Studi
Beban studi secara keseluruhan pada prodi ini adalah 149 SKS dengan rincian: matakuliah pengembangan kepribadian (MPK) 23 SKS, matakuliah dasar kependidikan (MDK) 18 SKS, matakuliah keahlian khusus (MKK) 79 SKS, matakuliah perilaku berkarya (MPK) 15 SKS, dan PPL I, PPL II, KKN, serta Skripsi 14 SKS.
b.      Rumusan Kompetensi
Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki kompetensi utama sebagai berikut.
1)        Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia lisan dan tulisan, baik secara produktif maupun reseptif, berupa: 1) keterampilan menyimak, 2) keterampilan berbicara, 3) keterampilan membaca, dan 4) keterampilan menulis.
2)        Memiliki pengetahuan yang memadai tentang bahasa dan sastra Indonesia, berupa: 1) pengetahuan tentang ilmu bahasa (linguistik) dan kebahasaan bahasa Indonesia, serta analisisnya 2) pengetahuan tentang seni sastra Indonesia, apresiasi, serta analisisnya, dan 3) pengetahuan tentang seni pertunjukan (teater) dan pementasannya.
3)        Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang kependidikan bahasa dan sastra Indonesia, berupa: 1) pengetahuan dan keterampilan tentang teori pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran, interaksi belajar-mengajar, dan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, 2) pengetahuan dan keterampilan tentang metode pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, 3) pengetahuan dan keterampilan tentang pengembangan program pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, 4) pengetahuan dan keterampilan menganalisis, menerapkan kurikulum dan buku sekolah menengah, 5) pengetahuan dan keterampilan tentang Praktik Pengalaman Lapang (PPL), 6) keterampilan dalam penyuluhan bahasa dan sastra Indonesia.
4)        Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang penelitian kependidikan dan menafsirkan hasil-hasil penelitian tersebut dalam usaha pembinaan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, yang meliputi: 1) pengetahuan tentang metode penelitian dan pendidikan keterampilan melakukan penelitian kependidikan bahasa dan sastra Indonesia, 2) pengetahuan dan keterampilan menulis makalah ilmiah tentang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 3) pengetahuan dan keterampilan menyajikan makalah dalam seminar atau pertemuan ilmiah, 4) pengetahuan dan keterampilan menafsirkan dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian kependidikan bahasa dan sastra Indonesia.
5)        Memiliki sikap dan kepribadian yang sesuai dengan persyaratan profesional guru.


c.       Distribusi Matakuliah
Berikut ini distribusi matakuliah yang akan disampaikan pada Prodi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia.

No.
Kode Matakuliah
Nama Matakuliah
Jumlah SKS
Semester
A. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
1
Ins. 01
Metodologi Studi Islam
2
1
2
Ins. 02
Pendidikan Kewarganegaraan
2
1
3
Ins. 03
Bahasa Inggris
2
1
4
Ins. 04
Bahasa Arab
3
1
5
Ins. 05
Bahasa Indonesia
2
1
6
Ins. 06
Metode Membaca Al Quran
2
1
7
Ins. 07
Sejarah Peradaban Islam
2
1
8
Ins. 08
Pengantar Ilmu Al Quran
2
1
9
Ins. 09
Pengantar Ilmu Hadis
2
1
10
Ins. 10
Pengantar Ilmu Fiqh
2
1
11
Ins. 11
Filsafat Islam
2
1


Jumlah
23

B.   Matakuliah Dasar Kependidikan (MDK)
12
Tar. 01
Pengantar Pendidikan
2
2
13
Tar. 02
Psikologi Pendidikan
2
2
14
Tar. 03
Ilmu Pendidikan Islam
2
2
15
Tar. 04
Belajar dan Pembelajaran
2
2
16
Tar. 05
Profesi Kependidikan
2
2
17
Tar. 06
Metodologi Penelitian Pendidikan
2
2
18
Tar. 07
Aplikasi Komputer
2
2
19
Tar. 08
Telaah Kurikulum dan Bahan Ajar
2
2
20
Tar. 09
Statistika
2
2


Jumlah
18

C.  Matakuliah Keahlian Khusus (MKK)
21
Ina. 01
Filsafat Bahasa
2
2
22
Ina. 02
Linguistik Umum
2
2
23
Ina. 03
Teori Belajar Bahasa
3
3
24
Ina. 04
Fonologi Bahasa Indonesia
2
2
25
Ina. 05
Morfologi Bahasa Indonesia
3
3
26
Ina. 06
Sintaksis Bahasa Indonesia
3
3
27
Ina. 07
Semantik Bahasa Indonesia
3
3
28
Ina. 08
Pragmatik
3
3
29
Ina. 09
Psikolinguistik
3
3
30
Ina. 10
Sosiolinguistik
3
3
31
Ina. 11
Sejarah Sastra
2
4
32
Ina. 12
Teori Sastra
2
4
33
Ina. 13
Kritik Sastra
2
4
34
Ina. 14
Apresiasi Puisi
2
4
35
Ina. 15
Apresiasi Prosa Fiksi
3
3
36
Ina. 16
Apresiasi Drama/Teater
3
4
37
Ina. 17
Sastra Perbandingan
2
4
38
Ina. 18
Membaca
3
4
39
Ina. 19
Menulis
3
4
40
Ina. 20
Berbicara
3
5
41
Ina. 21
Menyimak
3
5
42
Ina. 22
Stilistika
2
4
43
Ina. 23
Filologi
2
4
44
Ina. 24
Bahasa Bantu (bahasa Arab)
2
5
45
Ina. 25
Perbandingan Bahasa Nusantara
3
5
46
Ina. 26
Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia
3
5
47
Ina. 27
Analisis Wacana Bahasa Indonesia
3
5
48
Ina. 28
Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
2
5
49
Ina. 29
Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
2
6
50
Ina. 30
Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
2
5
51
Ina. 31
Penelitian Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
3
5


Jumlah
79

D.  Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)
52
Ina. 32
Kajian Bahasa Cirebon
3
6
53
Ina. 33
Kajian Sastra Cirebon
3
6
54
Ina. 34
Kajian Budaya Cirebon
3
6
55
Ina. 35
Keterampilan Berbicara dan Menyimak Bahasa Cirebon
3
6
56
Ina. 36
Keterampilan Menulis dan Membaca Teks Bahasa Cirebon
3
6


Jumlah
15

57
Ina. 37
PPL I
4
6
58
Ina. 38
PPL II
4
7
59
Ina. 39
KKN
4
8
60
Ina. 40
Skripsi
6
8


Jumlah
18



Total
149





Berikut ini sebaran matakuliah tiap semester.
SEMESTER 1
NO.
KODE
MATAKULIAH
SKS
1
Ins. 01
Metodologi Studi Islam
2
2
Ins. 02
Pendidikan Kewarganegaraan
2
3
Ins. 03
Bahasa Inggris
2
4
Ins. 04
Bahasa Arab
3
5
Ins. 05
Bahasa Indonesia
2
6
Ins. 06
Metode Membaca Al Quran
2
7
Ins. 07
Sejarah Peradaban Islam
2
8
Ins. 08
Pengantar Ilmu Al Quran
2
9
Ins. 09
Pengantar Ilmu Hadis
2
10
Ins. 10
Pengantar Ilmu Fiqh
2
11
Ins. 11
Filsafat Islam
2


Jumlah
23




SEMESTER II
NO.
KODE
MATAKULIAH
SKS
1
Tar. 01
Pengantar Pendidikan
2
2
Tar. 02
Psikologi Pendidikan
2
3
Tar. 03
Ilmu Pendidikan Islam
2
4
Tar. 04
Belajar dan Pembelajaran
2
5
Tar. 05
Profesi Kependidikan
2
6
Tar. 06
Metodologi Penelitian Pendidikan
2
7
Tar. 07
Aplikasi Komputer
2
8
Tar. 08
Telaah Kurikulum dan Bahan Ajar
2
9
Tar. 09
Statistika
2
10
Ina. 01
Filsafat Bahasa
2
11
Ina. 02
Linguistik Umum
2
12
Ina. 04
Fonologi Bahasa Indonesia
2


Jumlah
24

SEMESTER III
NO.
KODE
MATAKULIAH
SKS
1
Ina. 03
Teori Belajar Bahasa
3
2
Ina. 05
Morfologi Bahasa Indonesia
3
3
Ina. 06
Sintaksis Bahasa Indonesia
3
4
Ina. 07
Semantik Bahasa Indonesia
3
5
Ina. 08
Pragmatik
3
6
Ina. 09
Psikolinguistik
3
7
Ina. 10
Sosiolinguistik
3
8
Ina. 15
Apresiasi Prosa Fiksi
3


Jumlah
24


SEMESTER IV
NO.
KODE
MATAKULIAH
SKS
1
Ina. 11
Sejarah Sastra
2
2
Ina. 12
Teori Sastra
2
3
Ina. 13
Kritik Sastra
2
4
Ina. 14
Apresiasi Puisi
2
5
Ina. 16
Apresiasi Drama/Teater
3
6
Ina. 17
Sastra Perbandingan
2
7
Ina. 18
Membaca
3
8
Ina. 19
Menulis
3
9
Ina. 22
Stilistika
2
10
Ina. 23
Filologi
2


Jumlah
23

SEMESTER V
NO.
KODE
MATAKULIAH
SKS
1
Ina. 20
Berbicara
3
2
Ina. 21
Menyimak
3
3
Ina. 24
Bahasa Bantu (bahasa Arab)
2
4
Ina. 25
Perbandingan Bahasa Nusantara
3
5
Ina. 26
Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia
3
6
Ina. 27
Analisis Wacana Bahasa Indonesia
3
7
Ina. 28
Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
2
8
Ina. 30
Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
2
9
Ina. 31
Penelitian Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
3


Jumlah
24

SEMESTER VI
NO.
KODE
MATAKULIAH
SKS
1
Ina. 29
Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
2
2
Ina. 37
PPL I
4
3
Ina. 32
Kajian Bahasa Cirebon
3
4
Ina. 33
Kajian Sastra Cirebon
3
5
Ina. 34
Kajian Budaya Cirebon
3
6
Ina. 35
Keterampilan Berbicara dan Menyimak Bahasa Cirebon
3
7
Ina. 46
Keterampilan Menulis dan Membaca Teks Bahasa Cirebo
3


Jumlah
21

SEMESTER VII
NO.
KODE
MATAKULIAH
SKS
1
Ina. 33
PPL II
4






Jumlah
4

SEMESTER VIII
NO.
KODE
MATAKULIAH
SKS
1
Ina. 34
KKN
4
2
Ina. 35
Skripsi
6


Jumlah
10

d.      Silabus
Adapun silabus yang digunakan seperti terlampir dengan menggunakan referensi dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia, seperti Universitas Pendidikan Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan Universitas Negeri Semarang.
3.        Sumber Daya yang Ada
a.       Dosen
Jumlah dosen tetap Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon sebanyak 179 orang. Para dosen ini tersebar di 7 (tujuh) jurusan. Adapun rinciannya meliputi: 6 (enam) Guru Besar, 20 Doktor, dan 153 Magister. Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia didukung oleh tenaga dosen tetap yang termasuk usia produktif dengan jumlah yang cukup. Dosen yang terlibat di Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia berkualifikasi S2.
Adapun nama dosen disajikan pada tabel berikut.
No.
Nama Dosen
Keahlian
Pendidikan Terakhir
1.
Dr. Farihin Nur, M.Pd.
Pendidikan Bahasa Arab
S-3
2.
Dr. Hj. Huriyah, M.Pd.
Pendidikan Bahasa Inggris
S-3
3.
Drs. Emah Khuzaemah, M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
S-2
4.
Sibli M, M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
S-2
5.
Indrya Mulyaningsih, M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
S-2
6.
Muhammad Maimun, M.A.
Linguistik
S-2
7.
Itaristanti, M.A.
Linguistik
S-2

b.      Sarana dan Prasarana
IAIN Syekh Nurjati Cirebon sedang melakukan pembenahan. Pembenahan itu meliputi berbagai sarana dan prasarana, seperti laboratorium. Adapun laboratorium yang sudah dimiliki komputer, bahasa Arab, Bahasa Inggris, Biologi, PPTQ (Pusat Pengembangan Tilawatil Quran), dan microteaching. Saat ini, IAIN Syekh Nurjati Cirebon sedang melengkapi ruangan belajar dengan CCTV. Sarana belajar Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dilaksanakan di Gedung Fakultas Tarbiyah yang sudah dilengkapi dengan fasilitas hot spot area internet.



Ruang administrasi memiliki ukuran 65m². Ruangan ini dilengkapi dengan ruang rapat dan ruang sidang seluas 150m². Sarana olah raga masih berbarengan dengan seluruh sivitas akademika. Lapangan voli, futsal, tenis, dan basket yang dimiliki IAIN Syekh Nurjati sudah cukup representatif. Bila memang membutuhkan tempat yang lebih luas, dapat ke Stadion Bima yang terletak tidak jauh dari lingkungan kampus. Sementara untuk aktivitas keorganisasian mahasiswa ditampung dalam gedung Graha Mahasiswa (PKM). Adapun ruangan yang disediakan untuk himpunan mahasiswa jurusan seluas 4x4m².
Kebutuhan akan bahan referensi dapat diperoleh dari perpustakaan digital yang telah dimiliki oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kelebihan yang dimiliki IAIN adalah bahwa saat ini telah memiliki jurusan pendidikan bahasa Arab dan tadris bahasa Inggris. Kedua jurusan ini tentu saja sangat menunjang keberadaan program studi tadris bahasa dan sastra Indonesia sebagai ilmu yang serumpun. Ditambah pula dengan terdapatnya Program Pascasarjana di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Oleh karena itu, sarana dan prasarana untuk program studi ini sudah sangat menunjang.
Prasarana yang cukup mendukung Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia ini adalah Lembaga Penelitian (Lemlit) sebagai wadah dalam pengembangan keilmuan. Selain itu, terdapat juga Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) sebagai wahana pengabdian pada masyarakat. Keberadaan Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) pun sangat memperkuat keberadaan Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia ini. Ketiga lembaga ini sudah memiliki andil dalam pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Fasilitas lainnya adalah ICC, yaitu gedung pertemuan yang dapat menampung sekitar 500 mahasiswa. Masjid Al Jamiah yang dimiliki pun memiliki bangunan fisik yang gagah dan luas. Bahkan IAIN Syekh Nurjati telah memiliki asrama mahasiswa yang mampu menampung 600-an. Kepemilikan sarana dan prasarana secara mandiri inilah yang menjamin keberlanjutan penyelenggaraan Program Studi Tadri Bahasa dan Sastra Indonesia. Dengan kata lain, ketersediaan sarana dan prasarana telah memenuhi daya tamping tenaga pendidik dan kependidikan serta rasio jumlah mahasiswa yang ditargetkan. Walaupun demikian tetap akan diupayakan pengembangan prasarana untuk lebih mendukung proses belajar dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia.
c.       Petugas-petugas Lain
Jumlah tenaga administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebanyak 20 orang per Oktober 2011. Pendidikan terendah SMA dan tertinggi Magister (S-2). Adapun penunjang akademik yang sudah dimiliki Fakultas Tarbiyah per Oktober 2011 terdiri atas: 15 buah OHP, 8 buah LCD, 5 buah proyektor, 50 unit computer multimedia, 15 buah VCD/DVD player, 10 buah TV, dan 3 unit kamera digital.


4.        Pendanaan
Dalam sebuah kegiatan pasti tak bisa dilepaskan dari dana. Berikut ini hal-hal yang terkait dengan pendanaan.
a.       Kebutuhan Dana Investasi
Kebutuhan dana investasi sarana dan prasarana penyelenggaraan Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia adalah 15% dari perkiraan dana operasional setiap tahun atau sekitar Rp 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah).
b.      Kebutuhan Dana Operasional dan Pemeliharaan
Kebutuhan dana operasional dan pemeliharaan sarana dan prasarana penyelenggaraan Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia selama 1 (satu) tahun diperkirakan Rp 160.000.000,00 (seratus enam puluh juta rupiah). Pada tahap awal diperoleh melalui SPP, BOP, IKOMA, serta subsidi silang dari program studi lain yang ada di Fakultas Tarbiyah. Seiring dengan peningkatan kebutuhan operasional dan pemeliharaan diharapkan sejalan dengan masuknya dana SPP, BOP, dan IKOMA. Hal ini akan mampu meningkatkan pemasukan dan pada akhirnya dapat memberikan sumbangan pada investasi.
c.       Penerimaan Internal
Penerimaan dana penyelenggaraan Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia secara internal diperoleh dari sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) mahasiswa dan sumbangan Ikatan Orangtua Mahasiswa (IKOMA). Besarnya SPP, BOP, dan sumbangan IKOMA diatur sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Rektor.
d.      Penerimaan Eksternal
Penerimaan dana penyelenggaraan Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia secara eksternal diperoleh dari kerja sama dengan lembaga mitra atau stakeholders.
e.       Sistem Pengelolaan Keuangan
Sistem pengelolaan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon sedang dibenahi, yakni dengan menggunakan sistem pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU).

5.        Manajemen Akademik
Sukses dan tidaknya sebuah kegiatan, bergantung pada matang dan tidaknya perencanaan yang dilakukan. Berikut ini rencana-rancana yang telah disusun matang.
a.         Rencana Pengembangan Strategis Institut
Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia bertujuan menghasilkan tenaga guru profesional. Selain itu, juga dapat menghasilkan sarjana yang kompeten dan mampu berkompetisi dalam dunia kerja. Hal ini karena lulusan Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia tidak hanya melahirkan guru, tetapi juga dapat melahirkan penulis, pewara, pustakawan, budayawan, pengajar bahasa Indonesia untuk orang asing, dan lebih banyak lagi. Hal ini seperti tertuang pada Rencana Induk Pengembangan Prodi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia (TBSI), Rencana Induk Pengembangan Fakultas Tarbiyah, dan Rencana Strategis IAIN Syekh Nurjati Cirebon (terlampir).

b.         Manajemen Sumber Daya
Tenaga dosen yang mengampu matakuliah pada Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia adalah tenaga produktif yang memang sesuai dengan disiplin ilmunya. Semua telah menyelesaikan program Magister (S-2). Sedangkan untuk matakuliah pengembangan kepribadian diampu oleh dosen-dosen yang sudah menyelesaikan program Doktoral (S-3). Selain tingkat pendidikan yang telah memadai, dosen-dosen yang ada juga berpengalaman dan telah tersertifikasi. Sehingga tidak perlu ada keraguan pada proses pembelajarannya nanti.

c.         Manajemen Mutu Akademik
Pengendalian mutu akademis melalui mekanisme koordinasi dan kolaborasi dalam penyusunan kurikulum dengan stakeholders dan pakar bidang keilmuan serumpun dari luar perguruan tinggi. Dalam hal ini kerja sama telah dilakukan dengan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung,  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Setiap silabus matakuliah dan rancangan perkuliahannya disusun bersama dosen matakmuliah serumpun. Dalam 1 (satu) tahun sekali dikaji ulang relevansi substansi matakuliah tersebut dengan tujuan program studi, visi, dan misi fakultas, maupun Institut. Dosen matakuliah serumpun juga menyusun buku pegangan kuliah yang dipakai bersama diantara dosen serumpun sebagai acuan standard substansi perkuliahan.

d.        Dukungan Kerja Sama
Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia akan menjalin kerja sama dengan stakeholders, baik Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah dalam menyiapkan tenaga pamong atau guru yang profesional. Selain itu, juga akan menjalin kemitraan dengan Kementerian Agama atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, Kabupaten dan Kota, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan Dewan Pers Indonesia untuk berbagi informasi pengelolaan dan optimalisasi Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia di wilayah Provinsi Jawa Barat.

6.        Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat diambil simpulan sebagai berikut.
a.    Bahasa Indonesia perlu dijaga keberadaannya karena sebagai bahasa persatuan yang dikembangkan sesuai dengan dinamika peradaban bangsa.
b.    Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai jati diri bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa, serta sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah. Oleh karena itu, keberadaannya harus dipertahankan.
c.     Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi yang berarti berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, pengantar pendidikan, komunikasi tingkat nasional, pengembangan kebudayaan nasional, transaksi dan dokumentasi niaga, serta sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan bahasa media massa.
d.    Sastra Indonesia merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan dan dikembangkan sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia. Melalui sastra, dapat meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial. Menikmati sastra dapat untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
Oleh karena itu, sudah saatnya bangsa Indonesia bangga dengan bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan atau pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Maka sudah seharusnya IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki Program Studi Tadris Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai wujud kebanggaan terhadap bangsa Indonesia.



7.        Lampiran-lampiran
a.    Studi kelayakan
b.    Daftar kurikulum dan silabus
c.     Daftar dosen beserta mata kuliah yang dibina
d.    Daftar riwayat hidup tenaga pendidik/dosen
e.    Surat kesediaan mengajar /membina matakuliah
f.     Daftar tenaga kependidikan/administrasi dan penunjang akademik
g.    Daftar sarana dan prasarana:
1)         Ruang kuliah
2)         Ruang Dosen
3)         Ruang seminar
4)         Laboratorium
5)         Perpustakaan
6)         Fasilitas komputasi
7)         Fasilitas teknologi informasi
8)         Perlengkapan pendukung perkuliahan
9)         Peralatan Laboratorium
10)     Buku perpustakaan
h.   Daftar fasilitas pendukung
1)         Ruang administrasi
2)         Ruang rapat /pertemuan
3)         Ruang fasilitas pendukung lainnya
4)         Peralatan pendukung administrasi
5)         Kendaraan
i.       Rencana induk pengembangan/Renstra



No comments:

Post a Comment