Wednesday, March 14, 2012

Satuan Acara Perkuliahan Bahasa Indonesia


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
FAKULTAS TARBIYAH
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah             : Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah             : IAIN 124
Jurusan/Program Studi       : Tadris Matematika
SKS/Semester                   : 2/II
Dosen                                : Indrya Mulyaningsih, M.Pd.

2. Kompetensi
a. Pengetahuan/Kognitif
·      Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
·      Ejaan Yang Disempurnakan
·      Ragam Bahasa Indonesia
b. Nilai/Afektif
·      Santun dalam berkomunikasi
·      Nilai dan rasa bahasa yang baik
·      Perilaku berbahasa dengan lebih responsif
·      Perilaku berbahasa dengan taat asas
c. Keterampilan/Psikomotorik
·      Keterampilan menulis
·      Keterampilan berbicara
·      Keterampilan mendengar
·      Keterampilan membaca

3. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Bahasa Indonesia, kode IAIN.124, bobot 2 SKS, merupakan mata kuliah umum yang ditujukan untuk mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa sebagai individu dan warga masyarakat. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh semua Program Studi. Substansi mata kuliah ini difokuskan pada menulis akademik yang meliputi berikut ini.
a.    Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, terdiri atas: 1) sejarah bahasa Indonesia, 2) bahasa negara, 3) bahasa persatuan, 4) bahasa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta 5) fungsi dan peran bahasa Indonesia dalam pembangunan bangsa.
b.    Peningkatan keterampilan berbahasa, terdiri atas: 1) keterampilan membaca, 2) keterampilan menulis, 3) keterampilan berbicara, dan 4) keterampilan menyimak.
c.    Kalimat efektif.
d.    Wacana.
e.    Kajian pustaka.
f.     Karya tulis ilmiah.
g.    Ragam bahasa Indonesia.
h.    Apresiasi sastra.

Adapun indikator keberhasilan perkuliahan ini terkumpul sejumlah tulisan dalam portofolio mahasiswa mengenai: 1) makalah seluruh submata kuliah bahasa Indonesia, 2) pengembangan paragraf narasi berdasarkan pengamatan tentang pendidikan di Indonesia terutama bidang matematika, 3) pengembangan paragraf persuasi melalui resensi buku yang berhubungan dengan pendidikan matematika atau matematika sebagai ilmu, dan 4) sejumlah artikel hasil karya mahasiswa yang dipublikasikan ke media massa dan dijadikan buku kumpulan para mahasiswa per kelas.

Butir 1 merupakan tugas mingguan yang didokumentasikan dalam portofolio mahasiswa hasil kolaborasi dan sharing dengan teman kelompok/dosen atau para penulis/pengarang produktif. Sedangkan butir 2-4 ditulis terpisah sesuai dengan kesepakatan bersama. Produksi menulis akan dijadikan karya monumental. Apabila para mahasiswa mempunyai dana dapat diterbitkan sesuai dengan kemampuan mereka. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan proses, ekspositori, tindakan kelas, copy the master dan CTL dalam bentuk ceramah, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dilanjutkan dengan kegiatan praktik menulis dalam portofolio, kolaborasi, sharing dengan teman kelompok, dosen, dan refleksi. Tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan dilakukan melalui evaluasi proses; asesmen portofolio dan evaluasi produk melalui UTS dan UAS.





Pertemuan
Pokok Bahasan
Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran
Media
Referensi
1
Pengantar: kontrak belajar
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan


2
Kedudukan, sejarah, dan fungsi bahasa Indonesia
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Artikel
KBBI, TBBBI, EYD
3
Keterampilan Menulis
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Makalah
KBBI, TBBBI, EYD
4
Keterampilan Membaca
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Makalah
KBBI, TBBBI, EYD
5
Keterampilan Menyimak
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Makalah
KBBI, TBBBI, EYD
6
Keterampilan Berbicara
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Makalah
KBBI, TBBBI, EYD
7
Kalimat Efektif
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Artikel
KBBI, TBBBI, EYD
8
UTS



9
Analisis Wacana
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Artikel
KBBI, TBBBI, EYD
10
Kajian Pustaka
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Artikel/makalah
KBBI, TBBBI, EYD
11
Makalah
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Makalah
KBBI, TBBBI, EYD
12
Artikel/Esai
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Artikel
KBBI, TBBBI, EYD
13
Resensi
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Resensi
KBBI, TBBBI, EYD
14
Ragam Bahasa
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Artikel/makalah
KBBI, TBBBI, EYD
15
Apresiasi Sastra
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
Karya sastra
KBBI, TBBBI, EYD
16
UAS






5. Referensi Pendukung
a. Buku Utama
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.
Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
b. Referensi
Alwasilah, A.Chaedar dan Alwasilah dan Senny Suzanna. 2005. Pokoknya Menulis Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Bird, Carmel. 2001. Menulis dengan Emosi Panduan Empatik Mengarang Fiksi.: Bandung: Kaifa.
Hakim, M.Arief. 2004. Kiat Menulis Artikel di Media dari Pemula sampai Mahir. Bandung: Nuansa.
Hernowo. 2001. Mengikat Makna, Kiat-Kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Kaifa.
Hs.Lasa. 2005. Gairah Menulis.Writing. Panduan Menerbitkan Buku untuk Penulis Pemula. Yogyakarta: Alinea.
M. Romli, Asep Syamsul. 2003. Lincah Menulis Pandai Bicara. Bandung: Nuansa Cendikia.
Marahimin, Ismail. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.
Nasucha, Yakub, Muhammad Rohmadi, dan Agus Budi Wahyudi. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah.  Jogyakarta: Media Perkasa.
Widyamartaya, Al. dan Veronica Sudiati. 2000. Dasar-Dasar Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Grasindo.
Wiedarti, Pangesti. 2005. Menuju Budaya Menulis. Suatu Bunga Rampai. Yogyakarta: Tiara Wacana.

6. Metode Penilaian
a. Pendekatan Pembelajaran
·      Pendekatan   : Pendekatan Proses, Ekspositori, Copy the master, CTL
·      Metode         : Ceramah, tanya jawab, diskusi, pengalaman lapangan
·      Tugas                        : Laporan buku wajib, makalah, artikel, dan diskusi kelas
·      Media            : Portofolio, kopian dokumen, OHP, dan LCD
b. Kriteria
·      Kehadiran                             : 5%
·      Tugas terstruktur                   : 15%
·      Tugas mandiri                       : 15%
·      Ujian Tengah Semester         : 25%
·      Ujian Akhir Semester           : 40%


                                                                                                Cirebon, 20 Februari 2012
Ketua Jurusan Tadris Matematika                              Dosen Pengampu



Toheri, M.Pd.                                                              Indrya Mulyaningsih, M.Pd.
NIP 197307162000031002                                        NIP 197609022011012009

REKOMENDASI TIM PENGENDALI MUTU AKADEMIK:
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
Ketua.



NIP

No comments:

Post a Comment