SATUAN ACARA PERKULIAHAN
FAKULTAS TARBIYAH
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
1. Identitas
Mata Kuliah
Nama
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Kode
Mata Kuliah : IAIN 124
Jurusan/Program
Studi : Tadris Matematika
SKS/Semester :
2/II
Dosen :
Indrya Mulyaningsih, M.Pd.
2. Kompetensi
a.
Pengetahuan/Kognitif
· Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia
· Ejaan
Yang Disempurnakan
· Ragam
Bahasa Indonesia
b.
Nilai/Afektif
· Santun
dalam berkomunikasi
· Nilai
dan rasa bahasa yang baik
· Perilaku
berbahasa dengan lebih responsif
· Perilaku
berbahasa dengan taat asas
c.
Keterampilan/Psikomotorik
· Keterampilan
menulis
· Keterampilan
berbicara
· Keterampilan
mendengar
· Keterampilan
membaca
3. Deskripsi
Mata Kuliah
Mata
kuliah Bahasa Indonesia, kode IAIN.124, bobot 2 SKS, merupakan mata kuliah
umum yang ditujukan untuk mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa sebagai
individu dan warga masyarakat. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh semua Program
Studi. Substansi mata kuliah ini difokuskan pada menulis akademik yang meliputi
berikut ini.
a.
Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, terdiri
atas: 1) sejarah bahasa Indonesia, 2) bahasa negara, 3) bahasa persatuan, 4)
bahasa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta 5) fungsi dan peran bahasa
Indonesia dalam pembangunan bangsa.
b.
Peningkatan keterampilan berbahasa, terdiri
atas: 1) keterampilan membaca, 2) keterampilan menulis, 3) keterampilan
berbicara, dan 4) keterampilan menyimak.
c.
Kalimat efektif.
d.
Wacana.
e.
Kajian pustaka.
f.
Karya tulis ilmiah.
g.
Ragam bahasa Indonesia.
h.
Apresiasi sastra.
Adapun
indikator keberhasilan perkuliahan ini terkumpul sejumlah tulisan dalam portofolio
mahasiswa mengenai: 1) makalah seluruh submata kuliah bahasa Indonesia, 2)
pengembangan paragraf narasi berdasarkan pengamatan tentang pendidikan di
Indonesia terutama bidang matematika, 3) pengembangan paragraf persuasi melalui
resensi buku yang berhubungan dengan pendidikan matematika atau matematika
sebagai ilmu, dan 4) sejumlah artikel hasil karya mahasiswa yang dipublikasikan
ke media massa dan dijadikan buku kumpulan para mahasiswa per kelas.
Butir
1 merupakan tugas mingguan yang didokumentasikan dalam portofolio mahasiswa
hasil kolaborasi dan sharing dengan teman kelompok/dosen atau para
penulis/pengarang produktif. Sedangkan butir 2-4 ditulis terpisah sesuai dengan
kesepakatan bersama. Produksi menulis akan dijadikan karya monumental. Apabila
para mahasiswa mempunyai dana dapat diterbitkan sesuai dengan kemampuan mereka.
Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan proses, ekspositori, tindakan kelas, copy the master dan CTL dalam bentuk
ceramah, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dilanjutkan dengan kegiatan
praktik menulis dalam portofolio, kolaborasi, sharing dengan teman kelompok,
dosen, dan refleksi. Tingkat penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan
dilakukan melalui evaluasi proses; asesmen portofolio dan evaluasi produk melalui
UTS dan UAS.
Pertemuan
|
Pokok Bahasan
|
Pendekatan/Strategi/Model/Metode
Pembelajaran
|
Media
|
Referensi
|
1
|
Pengantar: kontrak belajar
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
|
|
2
|
Kedudukan, sejarah, dan fungsi bahasa Indonesia
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Artikel
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
3
|
Keterampilan Menulis
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi
sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Makalah
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
4
|
Keterampilan Membaca
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Makalah
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
5
|
Keterampilan Menyimak
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Makalah
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
6
|
Keterampilan Berbicara
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Makalah
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
7
|
Kalimat Efektif
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Artikel
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
8
|
UTS
|
|
|
|
9
|
Analisis Wacana
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Artikel
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
10
|
Kajian Pustaka
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Artikel/makalah
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
11
|
Makalah
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Makalah
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
12
|
Artikel/Esai
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Artikel
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
13
|
Resensi
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Resensi
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
14
|
Ragam Bahasa
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi kelompok/interaksi
sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Artikel/makalah
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
15
|
Apresiasi Sastra
|
Berorientasi pada mahasiswa/diskusi
kelompok/interaksi sosial/ceramah, diskusi, dan pengalaman lapangan
|
Karya sastra
|
KBBI, TBBBI, EYD
|
16
|
UAS
|
|
|
|
5. Referensi
Pendukung
a.
Buku Utama
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.
Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
b.
Referensi
Alwasilah, A.Chaedar dan Alwasilah dan Senny Suzanna. 2005. Pokoknya
Menulis Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku
Utama.
Bird, Carmel. 2001. Menulis dengan Emosi Panduan
Empatik Mengarang Fiksi.: Bandung: Kaifa.
Hakim, M.Arief. 2004. Kiat Menulis Artikel di Media dari
Pemula sampai Mahir. Bandung: Nuansa.
Hernowo. 2001. Mengikat Makna, Kiat-Kiat Ampuh untuk
Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Kaifa.
Hs.Lasa. 2005. Gairah Menulis.Writing. Panduan
Menerbitkan Buku untuk Penulis Pemula. Yogyakarta: Alinea.
M. Romli, Asep Syamsul. 2003. Lincah Menulis Pandai
Bicara. Bandung: Nuansa Cendikia.
Marahimin, Ismail. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta:
Pustaka Jaya.
Nasucha, Yakub, Muhammad Rohmadi, dan Agus Budi Wahyudi.
2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan
Karya Tulis Ilmiah. Jogyakarta:
Media Perkasa.
Widyamartaya, Al. dan Veronica Sudiati. 2000. Dasar-Dasar
Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Grasindo.
Wiedarti, Pangesti. 2005. Menuju Budaya Menulis. Suatu
Bunga Rampai. Yogyakarta: Tiara Wacana.
6. Metode
Penilaian
a. Pendekatan
Pembelajaran
·
Pendekatan :
Pendekatan Proses, Ekspositori, Copy the master, CTL
·
Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi, pengalaman lapangan
·
Tugas :
Laporan buku wajib, makalah, artikel, dan diskusi kelas
·
Media :
Portofolio, kopian dokumen, OHP, dan LCD
b. Kriteria
·
Kehadiran : 5%
·
Tugas terstruktur : 15%
·
Tugas mandiri :
15%
·
Ujian Tengah Semester : 25%
·
Ujian Akhir Semester : 40%
Cirebon,
20 Februari 2012
Ketua
Jurusan Tadris Matematika Dosen
Pengampu
Toheri,
M.Pd. Indrya
Mulyaningsih, M.Pd.
NIP
197307162000031002 NIP
197609022011012009
REKOMENDASI TIM PENGENDALI MUTU AKADEMIK:
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
Ketua.
NIP
|
No comments:
Post a Comment